Header Ads

Luncurkan Xperia Z di India, Sony Targetkan Pendapatan 35 Miliar Rupee

SONY telah secara resmi meluncurkan Xperia Z di India. Dengan ini, Sony akan berkompetisi melawan dominasi Apple melalui iPhone-nya dan Samsung melalui seri Galaxy.

Di negeri Taj Mahal itu, Sony membandrol Xperia Z dengan harga 38,990 Rupee atau setara Rp 6,85 juta (USD723.74, EUR556.96, MYR2.237). Xperia Z tersedia dalam tiga varian warna (ungu, hitam, dan putih).

Harga tebus Xperia Z di India lebih murah dibandingkan iPhone 5 yang dimulai dari 45 ribu Rupee hingga 59.500 Rupee. Sementara Samsung Galaxy lebih murah, "hanya" 36.500 Rupee.

Wall Street Journal menyebutkan, penjualan smartphone di India meningkat, di mana konsumen secara cepat mengganti telepon basisnya dengan produk yang menawarkan akses internet, video, musik, dan fitur unggulan lainnya.

Kepala Penjualan Mobile Phone Sony India, Sachin Thapar, menyebutkan, perusahaan mereka menargetkan 9 persen pendapatan/keuntungan dari penjualan smartphone di India pada akhir tahun ini. Secara tidak langsung, Sony menargetkan pendapatan tiga kali lipat dibandingkan tahun lalu menjadi 35 milyar Rupee (USD 638 juta).

Untuk mendongkrak penjualan, Sony India telah menggandeng Katrina Kaif sebagai brand ambassador Xperia. Bahkan, bintang Bollywood itu merencanakan memakai Xperia Z pada film terbarunya, Dhoom 3.

Merujuk data perusahaan Canalys, Samsung menguasai 40 persen market share penjualan ponsel pintar hingga kuartal akhir 2012, Sony 9 persen, Nokia 7 persen, LG 6 persen, BlackBerry dan Apple masing-masing menguasai 5 persen. Sisanya merek produsen kecil.

Analis independen memperkirakan Sony bakal sulit bersaing dengan Samsung dan Apple di India. Rahul Gupta, analis yang meneliti perkembangan pasar telepon selular, menyebutkan, harga Xperia Z masih tergolong mahal.

"Jika kamu memberikan 40 ribu Rupee bagi seseorang untuk membeli smartphone, dia akan menambah uang 3.000 Rupee hingga 4.000 Rupee untuk membeli sebuah iPhone atau merek lain seperti Samsung," ujar Rahul Gupta seperti dilansir Wall Street Journal, Rabu (6/3/2013).

Namun analis dari Canalys, Jessica Kwee, yakin Sony bakal mampu bersaing dengan Apple. Apalagi Sony mengadopsi strategi harga yang mengizinkan konsumer untuk membeli secara cicilan.

Sony sepertinya sangat percaya diri. Harga yang dipatok untuk Xperia Z, menurut Sony, tidak mahal. Kepala Penjualan Sony India Sachin Thapar menyebutkan bahwa produk smartphone kelas premium dijual di atas USD500 per unit.

Xperia Z akan tersedia di India mulai 12 Maret. Flipkart.com dan TheMobileStore.in telah membuka pemesanan awal Xperia Z. []
Powered by Blogger.