Header Ads

Menguji Kamera Xperia Z vs HTC One [Low Light]

SONY mengklaim Xperia Z memiliki kamera yang luar biasa. Dengan lensa beresolusi 13,1 megapiksel yang diperkuat sensor Exmor RS, Sony menyebutkan bahwa Xperia Z akan menghasilkan foto yang memukau, meski dalam kondisi rendah cahaya sekalipun.

Namun, HTC mengucapkan selamat tinggal kepada kebesaran megapiksel. Dalam sebuah iklan untuk mempromosikan HTC One, perusahaan asal Taiwan itu mencibir vendor yang berlomba-lomba menciptakan kamera dengan resolusi megapiksel yang besar.

The more megapixels a camera has, the better the pictures. It’s a big fat lie," tulis David Pogue dari New York Times.

Karenanya, HTC membenamkan kamera beresolusi ultrapiksel pada HTC One (M7). Dengan kamera 4 ultrapiksel ini, HTC One diklaim menghasilkan kamera lebih bagus, tajam, dan berkualitas tinggi --di atas kemampuan kamera yang menggunakan resolusi megapiksel yang lebih besar.

Begitulah perang smartphone yang --tak hanya mengandalkan performa prosesor-- begitu memperhatikan kemampuan kamera. Sebab, kamera menjadi salah satu faktor konsumen membeli smartphone saat ini.

Baiklah, berikut ini kami akan menurunkan sebuah perbandingan yang dilakukan Digitalversus.com terhadap kemampuan kamera Xperia Z dan HTC One.

Xperia Z memiliki kamera 13,1 MP dan HTC One memiliki kamera 4 Ultrapiksel. Mari kita lihat kemampuan kamera kedua smartphone ini.

Kemampuan kamera HTC One tak seperti yang benar-benar dijanjikan. Dengan resolusi 4MP (2.688 x 1.520 piksel), foto yang dijepret menggunakan HTC One memiliki kesulitan dalam menyaingi kamera 13 MP Xperia Z. [Lihat fotonya di sini Digitalversus.com]

Saat Digitalversus.com menguji dengan pencahayaan yang biasa, HTC One tidak memiliki resolusi yang cukup tinggi untuk memiliki detail terbaik dalam foto tersebut. Bahkan, dalam simulasi pencetakan foto berukuran 10 x 15 sentimeter, jepretan HTC One juga tidak begitu bagus hasilnya.

Lalu, pada pembesaran gambar 100 persen pada layar komputer, gambar dari kamera HTC One tidak begitu tajam dan detil. Tapi, yang mengembirakan, HTC One memiliki gambar white balance yang tepat dan akurat. Berbeda dengan jepretan Xperia Z, yang memiliki gambar yang kebiru-biruan.

Lalu, bagaimana dengan hasil jepretan menggunakan cahaya rendah (low light)?

Digitalversus menggunakan lampu hologen untuk menerangi subyek foto yang akan dipotret HTC One dan Xperia Z. Nah, di sesi ini, HTC One mampu mengungguli kemampuan Xperia Z.

Lihat dua foto di bawah ini:



Bisa disimpulkan, kamera Xperia Z lebih unggul dibandingkan HTC One pada kondisi terang atau siang hari. Namun HTC One lebih bagus pada kondisi low light, setidaknya begitu hasil pengujian yang dilakukan Digitalversus. []
Powered by Blogger.